Sabtu, 05 Januari 2013

Jenis Penyakit dan Cara Pengobatannya

Jenis Penyakit dan Cara Pengobatannya  

Jenis Penyakit Kulit

Info perihal beberapa jenis penyakit kulit yang banyak terjadi di tubuh manusia, beberapa jenis penyakit kulit ini berlangsung dikarenakan beragam penyebab, dimulai dari dikarenakan terkena virus, lingkungan yang terkontaminasi serta ada banyak lagi.

Adapun beberapa jenis penyakit kulit yaitu sebagai berikut.

1. eksim ( dermatitis ).
tanda-tanda utama yang dirasakan pasien eksim yaitu rasa gatal yang terlalu berlebih pada kulit. lantas dibarengi dengan kulit memerah, bersisik serta pecah-pecah, timbul gelembung-gelembung kecil memiliki kandungan air atau nanah. tangan, kaki, lipatan paha serta telinga yaitu sisi tubuh yang sangat kerap terkena eksim. eksim terbagi jadi dua, yakni eksim kering serta basah. pada eksim basah, akan merasa panas serta dingin yang terlalu berlebih pada kulit.

eksim dikarenakan alergi pada rangsangan zat kimia spesifik layaknya yang ada didalam detergen, sabun, obat-obatan serta kosmetik, kepekaan pada type makanan spesifik layaknya udang, ikan laut, telur, daging ayam, alkohol, vetsin ( msg ), dan sebagainya. eksim juga bisa dikarenakan dikarenakan alergi serbuk sari tanaman, debu, rangangan iklim, apalagi masalah emosi.

eksim seringkali menyerang pada orang-orang yang memiliki bakat alergi. penyakit ini kerap berlangsung berulang-ulang atau kambuh. oleh dikarenakan itu mesti di perhatikan untuk hindari perihal atau beberapa bahan yang bisa menyebabkan alergi ( alergen. ) namun, dengan penyembuhan yang pas, penyakit ini bisa dikendalikan dengan baik hingga kurangi angka kekambuhan. pada sebagian masalah, eksim dapat menghilang bersamaan dengan bertambahnya umur pasien.

2. bisul ( furunkel ).
bisul adalah infeksi kulit berbentuk benjolan, terlihat memerah, yang dapat membesar. benjolan ini diisi nanah, serta merasa panas serta berdenyut. bisul dapat tumbuh di seluruh sisi tubuh. tetapi semakin banyak tumbuh di bagian tubuh yang lembab, layaknya, lipatan paha, sela bokong, lebih kurang leher serta ketiak, serta juga kepala.

bisul dikarenakan dikarenakan ada infeksi bakteri stafilokokus aureus pada kulit melewati folikel rambut, kelenjar minyak, kelenjar keringat, lantas menyebabkan infeksi lokal. factor yang menambah risiko terkena bisul diantaranya kebersihan yang jelek, luka yang terinfeksi, pelemahan diabetes, kosmetika yang menyumbat pori, serta penggunaan bahan kimia.

untuk hindari bisul, baiknya tetaplah melindungi kebersihan diri serta lingkungan, serta konsumsi gizi mesti betul-betul di perhatikan. dikarenakan gizi yang baik dapat memperkuat daya tahan tubuh.
3. campak ( rubella ).
Campak yaitu penyakit akut menular yang dikarenakan oleh virus. umumnya menyerang anak-anak. tanda-tanda awal campak yaitu demam, pilek, bersin, badan merasa lesu, sakit kepala, nafsu makan alami penurunan mencolok serta radang mata. sesudah sekian hari dari tanda-tanda tersebut timbul ruam merah yang gatal, jadi tambah besar, tersebar ke bagian-bagian tubuh.
4. kudis ( skabies ).
kudis yaitu penyakit yang dikarenakan oleh parasit tungau yang gatal yakni sarcoptes scabiei var hominis. kulit terjangkit kudis semakin banyak berlangsung di tempat kumuh serta tidak melindungi kebersihan tubuh. tanda-tanda kudis yaitu ada rasa gatal yang demikian hebat saat malam hari, terlebih di sela-sela jari kaki, tangan, dibawah ketiak, alat kelamin, pinggang dan sebagainya. kudis amat mudah menular pada orang lain, dengan tidak segera ataupun tidak segera.

dengan segera sudah pasti melewati sentuhan kulit terkena kudis dengan kulit orang lain. dengan tidak segera dapat menular melewati handuk atau baju yang digunakan dengan bergantian dengan pasien kudis. langkah amat gampang untuk hindari kudis sudah pasti dengan melindungi kebersihan lingkungan serta tubuh.

5. kurap. kurap berlangsung dikarenakan jamur.
umumnya sebagai gejalanya yaitu kulit jadi tidak tipis serta pada kulit timbul lingkaran-lingkaran yang makin jelas, bersisik, lembab serta berair serta merasa gatal. lantas pada lingkaran-lingkaran dapat timbul bercak-bercak putih. kurap timbul dikarenakan kurang melindungi kebersihan kulit. sisi tubuh yang umumnya diserang kurap yakni tengkuk, leher, serta kulit kepala.

6. psoriasis.
psoriasis terhitung penyakit kulit yang sukar didiagnosa. sisi tubuh yang biasa terkena eksim sama juga dengan sisi tubuh yang biasa terkena psoriasis, ditambah kulit kepala, punggung sisi bawah, telapak tangan, serta telapak kaki. stres, trauma, serta tingkat kalsium yang rendah bisa mengakibatkan psoriasis.

psoriasis bukan hanya penyakit menular, namun berbentuk alami penurunan. tanda-tanda psoriasis yaitu munculnya bercak-bercak merah yang di atasnya ada sisik-sisik putih tidak tipis serta melekat berlapis-lapis. apabila digaruk, sisik-sisik tersebut dapat rontok. semula, luas permukaan kulit yang terkena cuma kecil, serta makin lama makin melebar.

7. melanoma.
melanoma adalah kanker kulit yang amat serius, hingga bisa mengakibatkan kematian bila tidak diobati. melanoma yaitu type kanker yang mengakibatkan pergantian tahi lalat pada kulit, amat beresiko bila nampak pada leher atau kulit kepala. di antara sinyal berlangsungnya melanoma yaitu tahi lalat yang membesar. tak hanya itu berlangsung pergantian warna pada tahi lalat dan tampak sinyal tanda peradangan pada kulit di lebih kurang tahi lalat.

8. impetigo.
impetigo yaitu penyakit kulit menular yang umumnya dikarenakan oleh bakteri. impetigo mengakibatkan kulit jadi gatal, melepuh diisi cairan serta kulit jadi merah. impetigo amat gampang berlangsung pada anak berumur dua hingga enam th.. bakteri umumnya masuk ke didalam kulit melewati gigitan serangga, luka, atau goresan. kebersihan amat mutlak untuk orang yang alami impetigo.

9. jerawat
menurut penelitian, lebih kurang 80 % dari semua manusia dulu mempunyai jerawat. jerawat sebagai di antara penyakit kulit yang dikarenakan oleh bakteri yang tumbuh di kulit serta menghubungkan pori-pori dengan kelenjar minyak dibawah kulit. jerawat bisa berkembang bila penyembuhan tidak dikerjakan di step awal kemunculannya. jerawat bukan sekedar tumbuh di muka, tetapi juga dapat tumbuh dibagian tubuh lain terlebih punggung.
sumber : http://jenispenyakit.blogspot.com/2012/11/jenis-penyakit-kulit.html 

 

Pengobatan pilek dan batuk pada anak balita

Pilek dan batuk merupakan salah satu gejala yang kerap di jumpai pada penyakit Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) yang banyak menyerang anak-anak utamanya pada anak balita.Penyakit ISPA  disebabkan olaeh 300 jenis virus,bakteri dan riketsia.

Pada anak balita,penyebab utama rinitis adalah virus (rhinovius).Namun anak berusia di bawah satu tahun dapat menderita alergi kulit(atopi) atau alergi saluran pencernaan. Rinitis karena alergi jarang terjadi pada anak balita,dibandingkan dengan anak berusia lebih dari lima tahun dan orang dewasa. Rinitis sering terjadi di barengi dengan batuk.Batuk ini sifatnya tidak khas,dapat disebabkan beberapa faktor diantaranya: iritasi laring atau tenggorokan karena turunnya secret dari hidung pada saat pilek,radang tenggorokan karena infeksi bakteri atau virus,rangsangan paru-paru karena infeksi seperti pneumonia,iritasi karena penyebab tertentu seperti asap rokok dan lainnya.

Beberapa kondisi membutuhkan perhatian khusus dan harus diobati oleh petugas kesehatan,tetapi beberapa kondisi lain yang lebih ringan dapat diobati dengan pengobatan sendiri.

Pneumonia
Tanda-tanda pneumonia,napas cepat 2-<12 bulan=50 kali permenit atau lebih, usia 1-<5 tahun= 40 kali permenit atau lebih. Bila ada retraksi dinding dada bagian bawah,keadaan waktu inspirasi/bernapas dan bila demam pada anak berusia 2 bulan,disarankan untuk di bawa ke dokter atau puskesmas. Tanda lainnya adalah anak tidak sanggup minum atau minum asi,anak muntah,kejang,tidak sadar atau kelihatan lemah.

Bila terdengar wheezing(bunyi ngik) pada saat bernapas,bila anak berusia kurang dari 2 tahun,diagnosa yang paling mungkin adalah bronkhiolitis dan pengobatannya mungkin membutuhkan oksigen. Diatas 2 tahun diagnosa yang paling memungkinkan adalah asma.Dalam hal ini membutuhkan bronkhodilator dan kadang-kadang kostikosteroid.

Tonsilitis
Bila ditemukan pus (nanah) pada tonsil,kemungkinan penyebabnya adalah bakteri streptokokus A,yang mungkin dapat menyebabkan komplikasi demam rematik. Dalam hal ini pemberian antibiotik penicilin secara oral (fenoksimetilpenicillin) harus diberikan dalam waktu sepuluh hari. Bila ditemukan radang tenggorokan,tetapi tidak ada dahak yang terlihat pada tonsil,antibiotik tidak dibutuhkan. Paracetamol juga menghilangkan nyeri di tenggorokan.Bila nyeri di tenggorokan tidak begitu hebat,minum manis mungkin dapat menolong untuk melegakan tenggorokan.

Demam
Apabila terjadi demam perlu dipertimbangkan kemungkinan demam berdarah,malaria atau demam tifoid (tifus perut). Pilek jarang terjadi pada keadaan ini tetapi kadang-kadang terjadi batuk.

Batuk dan pilek yang dapat di obati sendiri
Penyebab paling sering dari pilek dengan atau tanpa batuk adalah rinitis virus atau rinofaringitis virus. Virus ini dapat bersifat “dapat sembuh sendiri tanpa diobati” yang berakhir setelah 1-9 hari. Dalam kaitan ini pengobatan sendiri untuk kasus-kasus tersebut dapat dilaksanakan sepanjang tidak ada tanda-tanda bahaya.

Pengobatan pilek
Parasetamol dapat digunakan untuk mengurangi demam atau nyeri tenggorokan.Tidak ada pengobatan yang menunjukkan hasil apapun pada virus penyebab pilek. Sistem kekebalan tubuh membentuk sistem antibodi yang mematikan cirus tersebut. Orang tua mungkin ingin mengobati sendiri anak mereka dan mereka seharusnya di beri nasehat untuk melakukan tindakan yang tepat(bukan menggunakan obat-obatan). Pada kasus pilek atau meler,tidak ada pengobatan modern yang terbukti aman dan melegakan pada anak kecil.
Antihistamin hanya berguna pada alergi dan umumnya rinitis alergi jarang terjadi pada balita.Pada bayi dan anak di bawah 2 tahun antihistamin tidak dianjurkan karena efek samping sedasi.Simpatomimetik oral tidak menunjukkan efektifitas pada dosis yang aman untuk anak-anak. Yang lebih efektif adalah apabila ibu menjaga agar hidung dan wajah anak tetap bersih.

Pengobatan batuk
Bila terjadi batuk,hal ini disebabkan oleh iritasi tenggorokan atau sekret yang turun. Obat penekan batuk (antitusif) tidak di anjurkan utamanya untuk anak di bawah 2 tahun karena mencegah keluarnya dahak. Obat pengencer dahak dan mukolitik telah menunjukkan efek klinis yang terbatas pada beberapa pasiendengan gejala rinofaringitis akut. Obat batuk kombinasi kemungkinan melonggarkan batuk,terutama karena efek pelicin dari cairan yang manis. Obat penekan batuk dekstromethorphan boleh di gunakan pada kasus tertentu, yaitu bila iritasi tenggorokan menimbulkan batuk terus menerus yang melelahkan,meskipun manfaatnya tidak terlalu bermakna.

Pengobatan demam
Bila timbul demam,parasetamol merupakan obat terbaik,meskipun tidak selalu di butuhkan bila anak dalam keadaan baik dan suhu tubuh masih di bawah 38,5 derajat celcius.(Chusnul khotimah S.Farm.Apt)

sumber : obat-alami.net




DOKTER SEHAT 

 

 

 

 

INFEKSI JAMUR KULIT & PENGOBATANNYA 








Penyakit Kanker Leher Rahim (Serviks)

http://tamanbotani.com/penyakit/penyakit-kanker-leher-rahim-serviks.htm



 

 

 

Penyakit Jantung: “Pengobatan dan Cara Pencegahannya”

Jantung merupakan organ yang sangat penting bagi manusia, karena jantung diperlukan untuk memompa darah ke seluruh tubuh sehingga tubuh mendapatkan oksigen dan sari makanan yang diperlukan untuk metabolisme tubuh. Karena itu, jantung perlu dijaga agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Salah satu yang perlu dihindari adalah penyakit jantung koroner yang merupakan salah satu penyakit yang berbahaya yang bisa menyebabkan serangan jantung. Untuk melakukannya, kita perlu mengetahui bagaimana caranya agar jantung kita tetap sehat, apa yang harus dihindari dan apa yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung.

Dibanyak negara, termasuk Indonesia penyakit jantung merupakan pembunuh nomor satu. Sudah sering kita dengar seseorang meninggal mendadak karena penyakit yang berhubungan dengan organ terpenting tubuh ini. Persentase kematian akibat penyakit ini di negara berkembang terutama Indonesia dari tahun ke tahun terus meningkat. Beberapa ahli bahkan mengatakan bahwa penyakit ini kini sudah menjadi epidemi global tanpa mengenal perbedaan jenis kelamin, batas geografis dan sosial ekonomi.

Gejala serangan jantung umumnya adalah tiba-tiba dada terasa nyeri, seperti tertekan atau tertindi beban berat, terutama di bagian dada kiri, lengan kiri, leher kiri, rahang dan telinga kiri, bahkan kadang sampai ke ulu hati. Rasa nyeri dada yang khas di atas disebut sebagai angina pectoris. Nyeri pada angina pectoris terjadi akibat ketidakseimbangan antara kebutuhan oksigen jantung dan penyediaan oksigen. Dengan kata lain nyeri timbul akibat kurangnya masukan oksigen untuk jantung (iskemia jantung) akibat penyumbatan pada arteri koronaria, sedangkan jantung tetap membutuhkan oksigen. Minimnya oksigen untuk jantung akan mengakibatkan kerusakan otot jantung secara permanen. Makin luas kerusakan otot jantung makin parah gejalanya. Kematian secara mendadak bisa terjadi akibat terjadinya gagal jantung dimana jantung berhenti karena tidak bisa memompa darah.

Pada prinsipnya pengobatan penyakit jantung ditujukan agar terjadi keseimbangan antara kebutuhan oksigen jantung dan penyediaannya. Aliran darah melalui arteri koronaria harus kembali ada dan lancar untuk jantung. Suplai darah dan oksigen harus dinormalkan lagi. Bila belum parah, penderita penyakit jantung harus beristirahat bekerja. Pengobatan harus segera dilakukan untuk mengurangi gejala dan kambuh mendadak. Pada keadaan yang lebih parah, penderita harus dioperasi u ntuk melebarkan kembali pembuluh darah yang menyempit, arteri koronaria yang tersumbat.

Pola hidup sehat pun harus diterapkan untuk mengurangi resiko serangan jantung mendadak. Tidak mengkonsumsi makanan berlemak jenuh yang tinggi, berhenti merokok, mengurangi berat badan dan mengurangi tingkat stress, sering berolahraga untuk membakar lemak, adalah tindakan yang harus segera diambil agar penyakit jantung tidak kambuh lagi.
Jika serangan jantung menyerang langkah-langkah yang sebaiknya dilakukan oleh penderita penyakit jantung adalah:
  1. Kenalilah gejala-gejala tersebut apakah terjadi nyeri dada, sesak napas, ataupun jantung berdebar.
  2. Hentikan segera semua pekerjaan apa pun yang sedang Anda lakukan lalu duduk atau berbaringlah sembari menarik napas dalam-dalam.
  3. Jika Anda sendirian sementara gejala tersebut berlangsung lebih dari beberapa menit segera hubungi nomor telepon darurat setempat dan katakan Anda terkena serangan jantung. Atau hubungi orang di sekitar Anda dengan memberikan informasi yang sama.
  4. Jika ada yang bisa mengantar Anda ke rumah sakit lebih cepat daripada kedatangan paramedis, segeralah minta bantuannya pergi mengantar Anda ke ruang gawat darurat di rumah sakit. Lebih cepat ditangani akan lebih baik.
  5. Namun jika Anda menunggu tim paramedis datang, maka sementara menunggu, Anda dapat melonggarkan pakaian yang ketat, termasuk ikat pinggang atau dasi. Buat diri dalam posisi yang terasa nyaman.
  6. Tetaplah tenang, tidak soal Anda korbannya atau penolongnya. Kepanikan dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya aritmia atau penyimpangan irama jantung yang mengancam kehidupan.
Untuk mereka yang belum terkena penyakit jantung namun menganut pola makan buruk, harus segera merubah sikap agar tidak terkena penyakit jantung. Gaya hidup sehat adalah pola hidup terbaik untuk mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Sebab bila sudah terkena, maka biaya pasti akan membengkak untuk mengobatinya.
Tips bagi yang dapat kita lakukan untuk mencegah penyakit jantung adalah sebagai berikut.
  1. Terapkanlah pola makan yang sehat, pola makan yang buruk dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit, termasuk penyakit jantung Hindari makanan yang banyak mengandung lemak atau yang mengandung kolesterol tinggi. Seafood memiliki kandungan kolesterol tinggi yang dapat membahayakan jantung. Kurangi menyantap makanan yang digoreng yang banyak mengandung lemak, sebaliknya makanan dapat diolah dengan cara direbus, dikukus atau dipanggang.
  2. Berhentilah merokok, karena merokok sangat tidak baik untuk kesehatan jantung kita.
  3. Hindari stres. Saat seseorang mengalami stres, tubuhnya akan mengeluarkan hormon cortisol yang menyebabkan pembuluh darah menjadi kaku. Hormon norepinephrine akan diproduksi tubuh saat menderita stres, yang akan mengakibatkan naiknya tekanan darah. Maka, sangat baik bila Anda menghindari stres baik di kantor atau di rumah.
  4. Hipertensi, Problem hipertensi atau tekanan darah tinggi juga bisa menyebabkan penyakit jantung. Hipertensi dapat melukai dinding arteri dan memungkinkan kolesterol LDL memasuki saluran arteri dan meningkatkan penimbunan plak.
  5. Obesitas, Kelebihan berat atau obesitas meningkatkan tekanan darah tinggi dan ketidaknormalan lemak. Menghindari atau mengobati obesitas atau kegemukan adalah cara utama untuk menghindari diabetes. Diabetes mempercepat penyakit jantung koroner dan meningkatkan risiko serangan jantung.
  6. Olah raga secara teratur, Anda dapat melakukan kegiatan olahraga seperti berjalan kaki, jalan cepat, atau jogging. Kegiatan olahraga yang bukan bersifat kompetisi dan tidak terlalu berlebihan dapat menguatkan kerja jantung dan melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh.
Jika Anda merasakan gejala awal penyakit jantung ataupun pernah mengalami serangan jantung ringan, jangan abaikan itu. Anda sangat membutuhkan penanganan dini oleh personel medis yang terlatih. Ini dapat menyelamatkan jantung dari kerusakan yang lebih parah dan bahkan dapat menghindari akibat yang lebih fatal seperti kematian.

Namun jika gejala serangan jantung mulai terjadi, sangat penting untuk segera mencari bantuan medis. Risiko kematian terbesar dari serangan jantung adalah dalam kurun waktu satu jam setelah terjadi serangan jantung. Perawatan yang cepat dan tepat dari tim medis dapat menyelamatkan otot jantung dari kerusakan yang tidak dapat diperbaiki. Semakin banyak otot jantung yang terselamatkan, semakin efektif jantung akan kembali memompa setelah serangan. Jangan menunda-nunda untuk mendapatkan bantuan medis karena merasa takut dianggap mengada-ada.

Bila telah terjadi penyumbatan, tindakan medis yang umumnya diambil adalah dengan pemasangan kateterisasi dan cincin yang menjaga agar pembuluh darah koroner tidak tersumbat. Tetapi, ada kemungkinan terjadi penyumbatan pada pembuluh lainnya.

Sayangilah jantung kita, karena jantung merupakan organ kita yang memiliki fungsi sangat vital. Segeralah konsultasi dengan dokter jika muncul masalah pada jantung kita.

(sumber : http://murtaqicomunity.wordpress.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar